Tempe Gembus, konon nggak Sehat tapi ngangeni :)

Enaknya dimakan pakai cabe rawit ijo, bukan merah macam difoto ini.

Dibacem atau digoreng sama enaknya, buatku. Dimakan langsung atau buat lauk sama nikmatnya.

Minumnya teh panas manis lah lebih oke.

Canden, Sabtu 6 Des 2014 09.40 WIB

Silindris Kanan Makin Parah, Kiri Menyusul :)

Mata kanan silindrisnya memang berat sekali, nggak bisa dipakai buat baca tulisan. Dan kini mata kiri nampaknya mulai menyusul,  gawat!

Selain itu yang kiri seperti ada kabut tipis, nggak jernih buat memandang. Jadi frustasi dikit ngrasain kondisi mata yang makin menurun. Padahal ini kan modal buat kerja sampai tua.

Googling mengenai mata silindris, nemu suplemen dari Jepang yang konon bisa ngobatin mata silindris. Testimoninya tentang kemanjurannya untuk penyakit mata bikin semangat buat nyobain, kelak. Harganya, wah larang banget, sebotol isi 50 atau 100 (lupa) kapsul, sejuta enam ratus ribu plus ongkos kirim. Ckckck....

Tapi kok pingin ya? Pingin sembuh, warasin mata.

Canden, Jumat 5 Des 2014 22.13 WIB

Book : Warisan Kuliner Keraton Yogyakarta


Membaca berita di Yahoo tentang Nasi Blawong, Makanan Sakral Sultan Yogyakarta https://id.berita.yahoo.com/nasi-blawong-makanan-sakral-sultan-yogyakarta-125648467.html malah dapet info tentang buku Warisan Kuliner Keraton Yogyakarta http://books.google.co.id/books?id=gTnCJPSXcYgC&lpg=PP1&hl=id&pg=PP7#v=onepage&q&f=false

Hunting mengenai Nasi Blawong lewat Kompasiana “Blawong”, Makanan Khas Untuk Ultah Sultan http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/03/24/blawong-makanan-khas-untuk-ultah-sultan-544810.html#

“blawong”, merupakan makanan khas keluarga kraton yang disuguhkan pada saat ultah harian Sri Sultan. Untuk Sri Sultan HB X, ultah hariannya jatuh pada hari selasa wage. Jadi setiap selasa wage kerabat dan keluarga kraton makan nasi “blawong”.
Lalu dari mana asal usul nama “blawong”? menurut GBPH Joyo Kusumo, nama blawong terdiri dari dua suku kata yaitu “blue” dan “wong”. Blue artinya warna piring yang biru dan wong berarti orang. Lalu orang jawa menyebutnya menjadi “bluwong” yang artinya “orang-orang yang makan menggunakan piring biru”.
Lalu apa keistimewaan dari “bluwong” tersebut? Salah satu kekhasannya karena nasi dari “bluwong”, saat dimasak dicapuri dengan rempah-rempah. Dengan demikian warna nasinya pun berubah jadi merah
Lanjut cari info dimana bisa dapetin masakan langka itu melalui blog ini http://endangszuhriah.blogspot.com/2012/02/gadri-resto-yogya.html


Gadri Resto berdiri pada tahun 1984. Pendirinya adalah GBPH Joyokusumo yang merupakan adik kandung dari HB X. Namanya dicantumkan di depan buku menu. Resep-resep yang tersedia di Gadri Resto adalah hasil kumpulan resep turun-temurun Keraton yang dikumpulkan dan dibukukan oleh BRAy. Hj. Nuraida Joyokusumo, istri dari Gusti Joyokusumo. Inisiatif untuk mendirikan restoran ini untuk melestarikan resep-resep tradisional Jawa khususnya  hidangan keraton.
dan ini http://ditainside.blogspot.com/2013/01/gadri-resto.html

Nasi Blawong ini merupakan menu khas Gadri Resto, cocok dipesan kalo hanya ingin sesekali mencoba makan di resto mewah ini. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan rempah, kemudian terdapat lauk seperti daging potong, telur pindang, ayam seperti dibumbu kecap, dan peyek teri. Tak rugi jika memesan menu ini, karena selain khas dari Gadri Resto, rasanya pun enak dan mengenyangkan tentunya.

Makasih buat semua yang telah membuat tulisan tentang nya dan dimana bisa dapetinnya.

Canden, Minggu 30 Nov 2014 22.20 WIB

Ternyata Spaghetti Itu Termasuk Pasta


Berulang kali dengar dan baca kata PASTA, yang terbayang adalah adonan lembek macam saos mayonese. Ternyata malam ini baca tentang pasta, barulah aku tahu kalau PASTA itu salah satunya adalah SPAGHETTI termasuk MACARONI juga.

Sekian lama makan keduanya baru sekarang paham tentangnya. Pantas saja waktu Googling SPAGHETTI yang muncul kebanayakan tentang PASTA.

Ternyata oh ternyata,.. membaca dan mencari tahu selanjutnya itu sangat berguna, hhh

Cerita singkat tentang pasta pun aku dapet dari link ini http://www.indofood.com:8080/lafonte/page.aspx?id=30

Cerita Singkat tentang pasta
Pasta adalah makanan olahan yang berasal dari Italia. Pasta dibuat dari adonan campuran antara tepung terigu, air, telur dan garam. Dari adonan ini, pasta dibentuk menjadi banyak rupa. Pasti dapat dikatakan sebagainya ‘nasi’-nya orang Italia dan telah menjadi bagian penting dari hidup mereka. Sekarang ini, banyak sekali rumah makan baik Italia maupun bukan yang menyajikan pasta sebagai salah satu menu utamanya.
Pasta berasal dari bahasa Italia ‘pasta alimentare’ yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, ‘pasta’ bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, ‘pasta’ yang khusus sebagai pasta disebut pastasciutta.
Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu farina dan semolina, sehingga memiliki tekstur lebih lembut yang cocok untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.
Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.
Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang lebih singkat, namun tidak tahan lama disimpan karena kadar airnya yang tinggi. Sedangkan pasta kering bisa tahan disimpan hingga tiga tahun atau lebih karena kandungan airnya yang rendah, sekitar 10 persen saja. Ada juga pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave yang sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.
Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak.
Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mie ditemukan pada hiasan makam orang Etruska di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mie sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditemukan mie berwarna kuning dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mie ini sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mie ini dibuat dari tepung biji milet.
Jenis pasta
Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang berbentuk panjang seperti mie disebut spaghetti, variasinya yang lebih kurus disebut vermicelli, sedangkan variasinya yang lebih panjang dan pipih (seperti kwetiau) disebut linguine. Versi tebal dari linguine adalah fettucine.
Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama bentuknya dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek disebut penne (pena), sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Canden, Minggu 30 Nov 2014 21.21 WIB

Start Taking Full Accountability for Your Own Life



Canden, Minggu 30 Nov 2014 10.06 WIB

Start Giving Your Ideas and Dreams a Chance !



Canden, Minggu 30 Nov 2014 10.02 WIB
Now!

#2019PROJOKOWI

...